Setelah dianggap sebagai mode yang lewat, dan meskipun masih relatif baru, media sosial sekarang memegang teguh dan menjamin perhatian dalam upaya pemasaran online banyak pengecer.

Anda tidak bisa menghindarinya. Ke mana pun Anda berpaling, sepertinya Anda mendengar istilah seperti “halaman penggemar”, “pengikut”, “tweet”, “tweet ulang”, “blog” dan banyak lagi yang digunakan. Dengan semua hype media sosial, banyak yang mempertanyakan apa sebenarnya media sosial itu dan bagaimana mereka dapat menggunakannya untuk memajukan bisnis mereka.

Hai Tekno

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan apa itu media sosial, memberikan beberapa strategi untuk membuat situs Anda lebih ramah media sosial, menyentuh perbedaan antara opsi yang disajikan oleh outlet media sosial utama, dan menjawab pertanyaan apakah Anda harus melakukannya sendiri, atau menyewa konsultan untuk melakukannya untuk Anda.

Media Sosial dapat memakan waktu, tetapi bila diterapkan dengan benar dapat menambah tingkat bisnis Anda yang membantu membangun loyalitas merek, dan kesadaran yang pada gilirannya dapat meningkatkan laba Anda.

Apa itu Media Sosial?

Wikipedia mendefinisikan media sosial sebagai: media yang dirancang untuk disebarluaskan melalui interaksi sosial, dibuat dengan menggunakan teknik penerbitan yang sangat mudah diakses dan terukur. Media sosial menggunakan Internet dan teknologi berbasis web untuk mengubah monolog media penyiaran (satu ke banyak) menjadi dialog media sosial (banyak ke banyak). Ini mendukung demokratisasi pengetahuan dan informasi, mengubah orang dari konsumen konten menjadi produsen konten.

Dengan kata lain, ini adalah sekelompok aplikasi berbasis Internet yang memanfaatkan konsep web baru untuk mempromosikan konten yang dibuat pengguna.

Contoh beberapa aplikasi sosial utama yang saat ini online adalah Twitter, Facebook, dan YouTube.

Twitter dapat dilihat sebagai layanan jenis “blog mikro” yang memungkinkan Anda mengirim pesan singkat hingga 140 karakter yang diumpankan secara real time ke pengikut Anda. Facebook lebih merupakan platform “penerbitan” yang memungkinkan Anda membuat halaman yang mengintegrasikan beberapa opsi media menjadi satu (yaitu papan diskusi, blog, foto, keranjang belanja, dll…) YouTube adalah layanan yang memungkinkan Anda menghasilkan video konten kepada massa (mungkin untuk menunjukkan penggunaan produk Anda.)

Kekuatan dan keunikan masing-masing memberikan pro dan kontra. Karena Facebook memiliki sedikit lebih banyak kurva pembelajaran dan karena memiliki sejumlah opsi untuk dipilih, saya akan membahasnya secara singkat di bawah ini.

Trik Sederhana untuk Membuat Situs Anda Lebih Ramah Media Sosial

Apakah Anda menggunakan platform media sosial atau tidak, kemungkinan besar Anda adalah pelanggannya. Mereka membagikan URL Anda dengan teman-teman mereka di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, atau MySpace.

Jika Anda ingin terlibat dalam pemasaran media sosial, Anda pasti ingin memastikan kehadiran itu tercermin di situs e-niaga Anda.

Berbagi Sosial
Ada lusinan situs yang dapat Anda kunjungi yang menyediakan kode yang dapat disematkan yang dapat digunakan untuk membuat ikon jejaring sosial di situs Anda. Ikon-ikon ini memudahkan pengunjung untuk membagikan apa yang mereka sukai tentang situs Anda dengan teman dan pengikut media sosial mereka.

Beberapa situs yang layak untuk dicoba adalah ShareThis. ShareThis adalah alat yang dapat Anda pasang di situs Anda yang memudahkan pengunjung untuk berbagi dengan jaringan mereka. Anda mungkin pernah melihat beberapa bentuk ShareThis di situs berita. Biasanya ada beberapa ikon yang tersebar dalam garis horizontal atau dikelompokkan bersama di bawah judul “Bagikan”. Memasang alat ini memungkinkan pengunjung Anda dengan mudah menyebarkan berita melalui situs jejaring sosial tentang halaman atau situs web – milik Anda – yang mereka sukai.

Tambahkan Ini sangat mirip dengan ShareThis. Keduanya memerlukan pendaftaran situs dan sedikit informasi penerbit, tetapi keduanya juga mudah digunakan dan pada dasarnya melakukan hal yang sama.

Pamerkan kehadiran Media Sosial
Anda Jika Anda berada di beberapa situs jejaring sosial, Anda harus menampilkan afiliasi itu di suatu tempat di situs Anda. Untuk pembelanja online yang sempurna, tautan ini menunjukkan bahwa Anda bukan hanya pemula e-niaga. Semakin banyak situs media sosial yang Anda ikuti, semakin banyak pengetahuan web yang Anda lihat dan semakin besar kesadaran merek yang dapat Anda bangun.

Anda dapat menampilkan tautan media sosial Anda baik di modul bilah sisi yang dibuat sendiri atau dengan menggunakan situs seperti Lijit ( http://www.lijit.com ). Lijit mirip dengan ShareThis; namun, alih-alih mendorong orang keluar dari situs jejaring sosial, Lijit menarik mereka ke situs Anda yang lain.

Halaman atau Grup Penggemar Facebook?

Sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan ketika datang ke Facebook dan merek adalah apakah Anda harus membuat Halaman Grup Facebook atau Halaman Penggemar?

Ini adalah pertanyaan yang bagus dan jawabannya sebagian besar tergantung pada apa rencana Anda untuk situs Anda. Saya telah merinci pro dan kontra dari halaman penggemar versus halaman grup di bawah ini.

Halaman Penggemar
Facebook Halaman Penggemar Facebook adalah pilihan bagus untuk merek – termasuk situs e-niaga – yang berencana memposting informasi setidaknya sekali seminggu.

Facebook Fan Page Pro:

* Terlihat dipoles; sangat mirip dengan halaman profil individu

* Dapat menyertakan video, foto, tautan, acara, dll.

* Dapat dimasukkan ke dalam aliran pembaruan “penggemar” yang mirip dengan pembaruan profil individu

* Dapat diberikan url khusus yang mirip dengan profil individu

* Menyembunyikan nama dan alamat pembuat halaman

* Menawarkan opsi untuk menambahkan aplikasi seperti umpan Twitter

* Termasuk “dinding” yang mirip dengan profil individu tempat orang dapat memposting komentar

* Dapat dipasangkan dengan Widget Halaman Penggemar Facebook di situs Anda

Penipuan Fan Page Facebook:

* Lebih sulit untuk mengelola percakapan antar penggemar

* Percakapan dipajang untuk dilihat publik

* Tidak dapat mengonversi Grup Facebook ke Halaman Penggemar jika Anda sudah menyiapkan halaman Grup

* Sampai Anda memiliki jumlah penggemar yang memadai, Anda akan memposting banyak

* Halaman Penggemar suram yang ditautkan ke situs Anda dapat merusak tautan masuk Anda di SEO

Halaman Grup Facebook

Halaman Grup Facebook mudah dibuat dan sedikit lebih pribadi daripada Halaman Penggemar. Karena ini bukan halaman seperti profil yang terus-menerus diberi makan, posting tidak perlu sesering itu.

Grup Facebook Pro

* Bisa lebih intim; orang melihat siapa yang membuat grup

* Masih memungkinkan untuk memposting gambar, foto, video, acara, dll.

* Memungkinkan email dikirim ke semua anggota grup

* Halaman Fan sebelum tanggal; lebih akrab di antara pengguna awal Facebook

Grup Facebook Con’s

* Pengunjung harus mengunjungi halaman grup Anda untuk pembaruan

* Tidak mengizinkan aplikasi ditambahkan ke halaman grup

* Menawarkan visibilitas

* Akan secara otomatis memposting grup terkait ke halaman grup Anda apakah Anda menginginkannya atau tidak

* Tidak dapat ditautkan ke situs Anda melalui widget

Putusan? Pertimbangkan Halaman Penggemar Facebook jika Anda ingin agar “penggemar” Anda selalu mengetahui perkembangan situs Anda. Pertimbangkan Grup jika Anda memiliki ceruk di situs Anda yang mungkin ingin dibicarakan orang.

Haruskah Anda Menyewa Konsultan Media Sosial untuk Situs Anda?

Dengan ratusan situs sosial dan aplikasi yang tersedia, mudah untuk kewalahan. Ketika Anda sudah mencoba untuk mempertahankan bisnis e-commerce Anda, media sosial mungkin tampak tidak perlu dan memakan waktu.

Penelitian telah menunjukkan, bagaimanapun, bahwa pengecer e-niaga menuai keuntungan dari saluran media baru ini (yaitu, menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik dan peningkatan penjualan) sehingga membayar untuk menggunakannya.

Tidak semua orang paham media sosial dan mereka juga tidak punya waktu, itulah sebabnya banyak perusahaan menyewa konsultan untuk membantu kampanye mereka.

Apakah Anda memerlukan konsultan atau haruskah Anda melakukan pekerjaan Anda sendiri?

Kapan harus menyewa konsultan media sosial:

* Jika Anda benar-benar tidak punya waktu untuk berkomitmen pada kampanye pemasaran sosial.
* Jika Anda tidak punya waktu untuk mempelajari seluk beluk aplikasi sosial.
* Jika Anda tidak menganggap diri Anda seorang penulis yang kuat dan/atau interaktif dengan audiens Anda.
* Jika Anda ingin meluncurkan kampanye media sosial besar dan membutuhkan ahli untuk membantu menyelesaikannya.
* Jika Anda cenderung menunda pekerjaan proyek kepada para ahli daripada mencoba sendiri.

 

 

Trik Sederhana untuk Membuat Situs Anda Lebih Siap Media Sosial

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *