Otosklerosis adalah penyakit tulang metabolik yang dimediasi secara genetik yang hanya mempengaruhi tulang di bagian tengah telinga manusia. Wanita terkena dua kali lebih sering daripada pria. Otosklerosis biasanya berkembang pada dekade ketiga kehidupan. Tulang-tulang di telinga tengah pertama-tama menjadi seperti spons dan kemudian menjadi padat dan sklerotik, dan menjadi melekat satu sama lain dan pada gendang telinga, mengakibatkan gangguan pendengaran konduktif. Kadang-kadang, proses ini dapat melibatkan bagian lain dari telinga bagian dalam dan menghasilkan gangguan pendengaran sensorineural. Gejala otosklerosis termasuk gangguan pendengaran, suara berdengung di telinga dan pusing. Intervensi bedah dan penggunaan alat bantu dengar digunakan dalam pengelolaan otosklerosis.

Perawatan Ayurveda untuk otosklerosis ditujukan untuk mempertahankan pendengaran dan mencoba menghentikan atau membalikkan proses otosklerosis. Obat-obatan seperti Panch-Tikta-Ghrut-Guggulu, Laxadi-Guggulu, Punarnavadi-Guggulu dan Saarivadi-Vati digunakan untuk mengobati patologi dasar penyakit ini. Obat-obatan seperti Kaishor-Guggulu, Tapyadi-Loh, Ekang-Veer-Ras dan Bruhat-Vat-Chintamani digunakan untuk mencegah kerusakan pada telinga bagian dalam dan mengakibatkan gangguan pendengaran sensorineural. Obat herbal seperti Haritaki (Terminalia chebula), Amalaki (Emblica officinalis), Manjishtha (Rubia cordifolia), Saariva (Hemidesmus indicus), Punarnava (Boerhaavia diffusa), Kutki (Picrorrhiza kurroa), Asthishrunkhala (Cissus quadrangularis), Laxa (Purified wax) , Guduchi (Tinospora cordifolia) dan Musta (Cyperus rotundus) juga dapat digunakan untuk tujuan ini. Selain itu, untuk membalikkan proses otosklerosis, obat-obatan seperti Shankh-Bhasma, Godanti-Bhasma, Praval-Bhasma, Praval-Panchamrut dan Panchamrut-Parpati digunakan dalam kombinasi dengan obat-obatan seperti Tamra-Bhasma, Abhrak-Bhasma dan Trivang- Bhasma.

Perkembangan klinis penyakit ini tidak dapat diprediksi. Karena keterlibatan bilateral telinga adalah umum, inisiasi pengobatan dini dianjurkan untuk memperoleh manfaat terapeutik yang maksimal. Perawatan ayurveda juga dapat membantu mencegah gangguan pendengaran sensorineural yang dapat menyebabkan tuli total.

Mengalami gangguan pendengaran bukanlah akhir dari segalanya. Alat bantu dengar dapat digunakan untuk memudahkan komunikasi dan tetap dapat berinteraksi dengan sekitar. Banyak pusat alat bantu dengar yang jual alat bantu pendengaran.

Otosklerosis – Pengobatan Herbal Ayurveda

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *