Perusahaan perdagangan adalah perusahaan khusus yang mencakup semua operasi dan prosedur ekspor dan impor. Sebuah perusahaan perdagangan membeli produk di satu negara dan menjualnya di berbagai negara sesuai dengan jaringan distribusinya sendiri.

Indonesia kaya akan sumber daya alam seperti perak, batu bara, tanah subur, gas alam, minyak bumi, emas, bauksit, timah, tembaga, kayu, dan nikel. Fakta ini, serta pertumbuhan ekonomi Indonesia yang konstan dan stabil yang didorong oleh upaya pemerintah negara untuk mengurangi hambatan dalam menjalankan kegiatan bisnis di dalam negeri, menarik banyak investor dari seluruh dunia untuk memulai perusahaan perdagangan di Indonesia. Indonesia.

Namun, memulai perusahaan dagang di Indonesia tidak semudah yang dibayangkan. Mereka yang berminat untuk melakukannya perlu memperoleh Surat Izin Usaha Perdagangan (SUIP) untuk melakukan kegiatan perdagangan di Indonesia.

Jenis Surat Izin Usaha Perdagangan Indonesia (SUIP)

Langkah pertama dalam mendirikan perusahaan dagang di Indonesia adalah mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SUIP). Ada empat jenis perusahaan perdagangan yang ada di Indonesia. Masing-masing membutuhkan SUIP yang berbeda. Mereka adalah sebagai berikut:

Mikro SUIP 

SUIP Mikro atau SUIP Mikro adalah izin usaha mikro dengan kekayaan bersih kurang dari 50 juta rupiah (US$3.560), tidak termasuk tanah dan bangunan. Itu juga harus berupa kepemilikan tunggal atau kemitraan dan kegiatan bisnisnya dikelola dan dipelihara oleh pemiliknya atau anggota keluarga atau kerabat dekat.

SUIP kecil 

SUIP Kecil atau SUIP Kecil adalah izin usaha kecil dengan kekayaan bersih lebih dari 50 juta rupiah (US$3.560) tetapi tidak lebih dari 500 juta rupiah (US$35.606), tidak termasuk tanah dan bangunan.

SUIP sedang  

SUIP Menengah atau SUIP Menengah adalah izin usaha menengah dengan kekayaan bersih lebih dari 500 juta rupiah (US$35.606) tetapi tidak lebih dari 10 miliar rupiah (US$712.125), tidak termasuk bangunan dan tanah.

SUIP besar

SUIP Besar atau SUIP Besar adalah izin untuk usaha berukuran besar dengan kekayaan bersih lebih dari 10 miliar rupiah (US$712.125), tidak termasuk tanah dan bangunan.

Formulir Aplikasi Lisensi Perdagangan

Setelah SUIP yang akan diperoleh ditentukan, calon pemilik usaha kemudian harus mengajukan permohonan izin usaha kepada pemerintah Indonesia dengan mengisi formulir permohonan izin usaha. Berbagai jenis formulir permohonan izin perdagangan digunakan untuk berbagai jenis badan usaha. Berikut rincian masing-masing formulir:

Perseroan terbatas

  1. Keputusan tentang pengesahan status badan hukum perusahaan (Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia)
  2. Surat pernyataan dari pemohon izin usaha mengenai lokasi usaha perusahaan
  3. Surat domisili
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  5. Fotokopi akta pendirian (termasuk perubahan Anggaran Dasar, jika ada)
  6. Dua foto penanggung jawab atau direktur perusahaan dagang
  7. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) penanggung jawab atau direktur kantor pusat

Perusahaan Koperasi 

  1. Surat keterangan dari pemohon izin usaha mengenai lokasi usaha koperasi
  2. Surat domisili
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  4. Fotokopi Akta Pendirian Koperasi yang telah disahkan oleh instansi pemerintah yang berwenang
  5. Dua foto penanggung jawab atau pengelola koperasi
  6. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) penanggung jawab atau pengelola koperasi

CV/Perusahaan 

  1. Surat pernyataan dari pemohon izin usaha mengenai lokasi usaha perusahaan
  2. Surat domisili
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  4. Fotokopi akta pendirian atau akta yang telah diajukan ke Pengadilan Negeri
  5. Dua foto pemilik, manajer, atau penanggung jawab perusahaan
  6. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik, pengelola, atau penanggung jawab lainnya

Perusahaan Perorangan 

  1. Surat pernyataan dari pemohon izin usaha mengenai lokasi usaha perusahaan
  2. Dua foto pemilik atau penanggung jawab perusahaan
  3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik atau penanggung jawab

Perusahaan Dagang Yang Tidak Memerlukan SUIP

Tidak setiap perusahaan perdagangan yang telah didirikan di Indonesia memerlukan SUIP sebelum dapat mulai melakukan kegiatan perdagangannya. Jika perusahaan perdagangan melakukan kegiatan usaha non-perdagangan di atas kegiatannya di bidang perdagangan, perusahaan tersebut tidak diharuskan untuk menerima SUIP sebelum penyetelannya selesai. Kantor cabang perusahaan dagang juga tidak wajib memiliki SUIP. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa undang-undang perusahaan Indonesia mendefinisikan perusahaan-perusahaan ini sebagai unit dari perusahaan induk. Mereka bahkan dapat ditugaskan oleh perusahaan induk untuk melakukan kegiatan bisnis yang sama sekali tidak terkait dengan perdagangan. Oleh karena itu, kantor cabang perusahaan dagang tidak perlu mendapatkan SUIP. Kantor perwakilan perusahaan dagang juga dikecualikan dari persyaratan SUIP. Ini karena mereka secara resmi didefinisikan sebagai perusahaan yang bertindak atas nama kantor pusat perusahaan mereka. Dengan demikian, ada kemungkinan juga kantor perwakilan tidak melakukan kegiatan perdagangan. Artinya, kantor perwakilan perusahaan dagang tidak wajib memiliki SUIP.

Informasi Penting Bagi Mereka yang Memulai Perusahaan Dagang di Indonesia

Daftar Investasi Negatif

Semua pemilik perusahaan dagang di Indonesia harus mematuhi Daftar Negatif Investasi  Indonesia. Daftar Negatif Investasi dibuat oleh pemerintah Indonesia sebagai metode untuk melindungi kepentingan bisnis Indonesia. Daftar ini menyebutkan bisnis yang melarang investasi asing.

Untuk informasi lebih lanjut tentang masalah ini, konsultasikan dengan spesialis korporat lokal Indonesia kami dari Paul Hype Page & Co yang berpengalaman dan berpengalaman dalam menangani masalah tersebut.

Nomor Identifikasi Pabean  

Sesuai dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), setiap perusahaan perdagangan harus memiliki nomor identifikasi pabean yang dikeluarkan oleh DJBC agar sesuai dengan peraturan kepabeanan Indonesia. Nomor pengenal pabean ini berlaku jika perusahaan telah aktif melakukan kegiatan usahanya selama 12 bulan terakhir.

Kegiatan Usaha Per Lisensi 

Izin perusahaan perdagangan yang diberikan oleh pemerintah hanya dapat digunakan untuk satu jenis kegiatan usaha. Untuk mulai melakukan kegiatan usaha lain, pemilik perusahaan dagang harus mengajukan dan menerima lebih banyak izin.

Jika Anda ingin mendirikan PT sebaiknya Anda menghubungi https://buatpt.co.id yang dapat membantu dan melayani Anda dalam pembuatan PT.

Memulai Perusahaan Dagang di Indonesia

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *