Bergabung dengan negara-negara seperti Kroasia dan Barbados, Kosta Rika adalah negara terbaru yang memperkenalkan undang-undang visa baru yang dirancang untuk menyambut pekerja jarak jauh yang mencari perubahan pemandangan jangka panjang. Di bawah visa turis normal, warga negara asing yang ingin tinggal dan bekerja jarak jauh dari luar negeri hanya dapat tinggal di Kosta Rika selama 90 hari. Dengan disahkannya undang-undang baru ini, nomaden digital sekarang dapat bertahan hingga dua tahun.

Keindahan Kosta Rika dan cuaca tropis selalu menjadikannya tujuan yang menarik bagi para ekspatriat, yang merupakan 2,5 persen dari populasinya. Sekarang, Kosta Rika berharap para pekerja jarak jauh yang akan ditarik oleh undang-undang baru ini dapat membantu merangsang industri pariwisata sambil pulih dari pandem

Undang-undang baru, yang secara resmi dikenal sebagai “undang-undang untuk menarik penyedia layanan jarak jauh yang bersifat internasional,” akan memungkinkan pekerja jarak jauh asing untuk tinggal di Kosta Rika selama satu tahun, dengan opsi untuk diperpanjang hingga dua tahun. Berdasarkan undang-undang ini, tidak perlu memperbarui visa Anda, dan pemegang visa dibebaskan dari pajak penghasilan. Untuk mendaftar, Anda harus dapat menunjukkan bukti asuransi kesehatan dan penghasilan stabil minimal $3.000 per bulan—atau $5.000 jika Anda berencana bepergian dengan anggota keluarga.

Dikutip dari Berita Terbaru dalam siaran pers, Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado menyatakan, “Hukum memberi harapan bagi sektor pariwisata, untuk pengaktifan kembali ekonomi sektor kami dan dengannya negara secara umum.” Pengembara digital, yang menghabiskan uang untuk layanan sehari-hari di samping kegiatan pariwisata, diharapkan dapat berkontribusi pada pemulihan sektor pariwisata.

Undang-undang juga akan mengizinkan warga negara asing untuk membuka rekening bank dan mengemudi menggunakan SIM dari negara asal mereka. Undang-undang tersebut secara resmi ditandatangani pada 11 Agustus 2021, dan rincian lebih lanjut masih akan datang mengenai proses aplikasi, biaya, dan spesifikasi lainnya.

Kosta Rika sudah menjadi tujuan populer bagi pengembara digital, tetapi undang-undang baru ini merupakan peluang besar bagi pekerja jarak jauh yang ingin tinggal di Kosta Rika untuk jangka waktu yang lebih lama. Namun, dibandingkan dengan visa serupa yang diperkenalkan di negara lain, persyaratan pendapatan minimumnya tinggi. Di Portugal, Anda hanya perlu membuktikan bahwa Anda memperoleh setidaknya 665 Euro per bulan , sementara Kroasia dan Barbados membutuhkan penghasilan bulanan sekitar $2.000.

Biaya hidup di Kosta Rika mungkin juga lebih tinggi dari yang Anda kira, terutama jika Anda berharap untuk pindah ke pusat eks-pat seperti Tamarindo atau Santa Teresa. Menurut Nomad List , sebuah situs web ulasan yang menilai kota-kota berdasarkan kelayakan huni mereka, biaya hidup di kota-kota ini seringkali melebihi $2.000 per bulan. Namun, aturan visa baru menawarkan banyak manfaat bagi pekerja jarak jauh yang mencari gaya hidup yang lebih “pura vida”, tanpa stres karena visa turis yang kedaluwarsa.

Kosta Rika Baru saja Menyetujui Visa Dua Tahun untuk Digital Nomads

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *