Kremasi adalah salah satu aktivitas kuno dalam rangka menghilangkan jazad mayat dengan cara membakarnya. Ada beberapa nama berbeda untuk kremasi di tempat yang berbeda pula. Di Bali, kremasi dilakukan dengan setra atau pasetran dan dinamakan dengan ngaben.

Kremasi juga adalah aktivitas pembakaran mayat dengan suhu 760-1150 derajat celsius, tidak heran jika kemudian jenazah hasil kremasi hanya menyisakan 5% dari berat keseluruhan sebelum dikremasi karena suhu yang sangat tinggi tersebut. Ada berbagai macam cara yang berbeda pula untuk kremasi disetiap daerah namun memang mempunyai tujuan yang sama. Yuk simak dulu cara cara unik dalam mengkremasi di berbagai bangsa.

Sati

Pertama, ada cara sati. Sati merupakan sebutan untuk kremasi dengan cara pembakaran diri oleh perempuan dalam rangka menghormati suami yang telah meninggal. Hal ini memang cukup kejam dan ilegal karena pembakaran ini dilakukan oleh seorang perempuan. Meski begitu, dengan membakar diri, seorang perempuan dianggap suci seperti dewi sati yang membakar diri demi suaminya.

Promession

Cara kedua ada promession, cara ini dianggap sebagai salah satu yang cukup ramah lingkungan karena diciptakan oleh salah seorang yang ahli dalam bidang biologi yakni dengan membekukan mayat yang kemudian direndam dalam cairan nitrogen, cairan tersebut akan meleburkan mayat dengan sendirinya tanpa harus melakukan pembakaran dan tidak menimbulkan polusi udara.

Tower Of Silent

Ketiga ada tower of silent dimana masyarakat percaya bahwa orang mati itu tidak suci dan mereka harus ditempatkan di tempat yang tinggi. Mereka dikumpulkan dalam 1 gedung yang terdiri atas 3 lapis untuk laki laki, perempuan dan anak anak, ketika mayat terkumpul, mayat tersebut akan diberi zat kapur sehingga akan hancur dengan sendirinya. Mayat yang telah hancur tetap ada di tower sehingga tanah akan tetap suci. Ada juga kremasi dengan cara bog boddies, yakni mengkremasi mayat dengan cara meletakkan mereka di tanah gambut yang akan menghancurkan mayat dengan cara alami, suhu yang sesuai akan meleburkan mayat mayat tersebut secara alamiah.

Memorial Diamond

Ada juga cara mengkremasi memorial diamond. Cara ini adalah salah satu seni dalam kremasi. Caranya yakni membuat berlian dari rambut atau abu si mayat dan menjadikannya kenang kenangan. Banyak negara yang menerapkan cara kremasi ini dengan memakai rambut atau abu yang dicampur dengan zat tertentu.

Rasomation

Yang terakhir ada rasomation dimana aktivitas kremasi ini dilakukan dengan hidrolisis basa. Caranya dengan meleburkan mayat dengan bahan kimia tertentu yang akan membuat mayat hancur tanpa menimbulkan efek polusi alam dan tempat. Biasanya mayat akan diletakkan di tempat peleburan yang telah di sistem dengan bahan atau cairan kimia tertentu dan tidak lama mayat akan hancur dengan sendirinya. Cara ini dinilai aman dan lebih ramah lingkungan.

5 Cara Kremasi Unik di Seluruh Dunia

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *